Tips Merawat Batik

Sekarang lagi banyak yg make batik baek untuk acara formal maupun santai, tp ririe sendiri binun gimana cara mencuci/merawatnya, kebetulan di tabloid nova ada tips merawat batik so ririe tulis aja ya disini biar yg lain tahu…amal kan bagi-bagi ilmu ..sapa tahu yg dibagi-bagi ilmunya mendoakan ririe cepet nikah hihihihi:D
– Gunakan sabun pencuci khusus untuk batik yang banyak dijual dipasaran atau cuci kain batik dengan shampo rambut setelah sebelumnya shampo dilarutkan di air sampai tdk ada bagian yang mengental.
– Mencuci batik juga bisa dengan menggunakan buah lerak atau daun tanaman dilem yg sudah diredam air hangat. Caranya remas-remas buah lerak atau daun dilem sampai mengeluarkan busa lalu tambahkan air secukupnya, dan siap utk mencuci batik. Aroma buah lerak mampu mencegah munculnya hewan kecil yg bisa merusak kain.
– Saat mencuci batik, jangan pakai deterjen dan jgn digosok. Jika batik tak terlalu kotor cukup rendam di air hangat. Namun jika bener² kotor bisa dihilangkan dengan sabun mandi atau kulit jeruk. Caranya cukup dengan mengusapkan sabun mandi atau kulit jeruk di bagian yg kotor tadi.
– Sebaiknya jangan mencuci batik dgn mesin cuci
– Saat menjemur, batik yang basah tak perlu diperas. dan jangan menjemurnya langsung dibawah sinar matahari. Jemurlah di tempat teduh atau diangin-anginkan hingga kering.
– Saat menjemurnya, tarik bagian tepi batik secara perlahan agar serat yang terlipat kembali ke posisi semula.
– Sebaiknya hindari menyeterika batik secara langsung. Jika nampak sangat kusut, semprotkan sedikit air diatas batik lalu letakkan sehelai alas kain diatasnya baru diseterika.
– Bila ingin memberi pewangi atau pelembut pada batik tulis jangan semprotkan langsung pada batik, sebaiknya tutupi dulu batik tulis dengan kertas, lalu semprotkan cairan pewangi dan pelembut kain di atas kertas.
– Jangan semprotkan parfum atau minyak wangi langsung ke batik, terutama batik sutera dengan pewarna alami.
– Simpan batik dlm plastik agar tak dimakan ngengat. Saat disimpan dalam lemari jangan di beri kapur barus, karena zat padat ini sangat keras dan bisa merusak batik.
– Cara lain agar batik tak dimakan ngengat, beri sedikit merica yg dibungkus tisu di lemari tempat menyimpan batik. atau letakkan akar wangi yang sudah 2 kali melalui proses pencelupan dlm air panas dan dijemur hingga kering.

So, semoga tips ini bermanfaat ..ririe sendiri belom mempraktekkan tapi tidak ada salahnya jg diikuti kalo kita tidak mau batik kesayangan kita cepat rusak…ya kan?

(artikel diambil dr Bagian Tips Tabloid NOVA edisi 1067/XXI/4-10 Agustus 2008 karya Sri Nani Hari & Yanti,M.Hum)

Advertisements

5 thoughts on “Tips Merawat Batik

  1. waa..berguna banget nih, bs jd tips buat pelangganku(penjual batik mode on) thanks tipsnya yaa..
    utk shampoo rambut jg biasa ak pake buat nyuci jilbab kain yg dr sutra atau like sutra.. jd jilbab ga akan kusut deh.. lha ko jd jilbab yak hehehe

  2. “sabun pencuci khusus untuk batik” itu kaya gimana, Bu? Boleh kasih tau salah satu mereknya gak? Gpp kok promosi dikit… 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s