Burung Murai Batu

Binun euy mau posting apa..gara-gara si uwan cerita senengnya dia punya Burung Murai Batu..so aQ posting ttg Burung ini ah. Burung ini katanya kicauannya bagus dan harganya bisa ber jut jut kalo suaranya sudah bagus. Murainya si uwan dia bisa beli 200rb krn penjualnya kenalannya omnya. Temen²Qu di tpt gawean pada heboh denger harga itu karena katanya harganya bisa 1 jutaan kl dah jadi.
Ya udah cari² info di Wikipedia Indonesia ttg murai batu, ketemu nih infonya:

Memiliki tubuh hampir seluruhnya hitam, kecuali bagian bawah badan berwarna merah cerah hingga jingga kusam. Terdapat sedikit semburat biru di bagian kepala. Ekor panjang ditegakkan dalam keadaan terkejut atau berkicau.
Murai Batu dari Tanjung Redep, Kalimantan Timur menpunyai keunikan di bagian kepalanya yang bergaris putih memanjang ke belakang. Murai Kalimantan memiliki ekor lebih pendek dengan panjang sekitar 8-12 cm, sementara Murai Batu Sumatra 15-20 cm . Ciri khas lainnya adalah Murai Batu Kalimantan apabila berhadapan dengan jenisnya akan mengelembungkan bulu-bulu disekitar dadanya sambil berkicau.Badan berukuran 14-17 cm.Makanan umum adalah serangga kecil. Hobiis biasanya memberikan kombinasi pelet, kroto, jangkrik, ulat hongkong dan telur lebah. Murai Batu juga memakan poer/voer, yang biasanya tersedia di pasaran adalah merk Phoenix (www.kenarijaya.com), Fancy, Gold Coin, Chirpy, TopSong, dan lain-lain.

Kata Pak Heri sumber yg bisa dipercaya dan pernah punya Burung Murai Batu, Burung ini jenisnya ada 5 macam dan dinamakan sesuai daerah asalnya.
1.Burung Murai Batu Medan
Burung Murai paling mahal berasal dari Medan, ciri khasnya adalah kakinya model belimbing.
2. Burung Murai Batu Lampung Super
Burung Murai termahal urutan kedua berasal dari lampung. Mempunyai ekor panjang dan agak melengkung.
3. Burung Murai Batu Lampung
Sama-sama dari lampung tapi ekor lebih pendek drpd ljenis lampung super dan tidak melengkung, suara pun lebih kecil dari jenis lampung super.
4. Burung Murai Batu Nias
Berasal dari nias, ekor lebih pendek dan suara lebih kecil dari jenis Lampung.
5. Burung Murai Batu Kalimantan
Ini adalah jenis burung murai paling jelek. Suaranya lebih kecil dari 4 jenis diatasnya dan ekor yg lebih pendek lagi tapi utk besarnya paling besar.

Ya so…sapa yg mau beternak Burung Murai Batu?kalo telaten dan suka…bisa menghasilkan duit berjut jut lo…:) *btw kok cowok sukanya melihara burung y?padahal kan dah punya:D:)

Advertisements

11 thoughts on “Burung Murai Batu

  1. wah barusan keluar gambar burungnya yg diatas itu,
    Kok bukan burung murai yg di pajang? malah burung parkit ?

    untung gak salah majang burung lainnya 😀

  2. Emangnya kalo cowok dah punya burung gak boleh piara burung. Cewek aja yg dah punya susu masih banyak yg suka minum susu, hehe.

    BTW, isi blog kamu informatif juga tuh. Terusin ya, biar gw tambah banyak belajar…. 😀

  3. hayah… ada namaku tho…
    aku lum ngeblog dia dah posting duluan…
    btw, burungnya skrg suka ninaboboin aku lho sri…
    btw…. burung parkit? aku pengeeeeeeeeeeeennnnn….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s